Profile Singkat Pandaan

Pandaan adalah Kota Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Pasuruan. Letaknya sangat strategis, berada di tengah-tengah jalur Malang - Surabaya dengan akses menuju tempat pariwisata yang banyak.

Pandaan adalah suatu wilayah Kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang terletak di kaki Gunung Penanggungan , 30 km sebelah barat daya ibukota Kabupaten Pasuruan, dan berada 50 km sebelah selatan Kota Surabaya. Luas wilayah Kecamatan Pandaan adalah seluas 4.327 Ha dengan ketinggian 300 m diatas permukaan air laut dan suhu rata-rata  27 ° C.

Yang menjabat Camat Pandaan (per 28 Pebruari 2011) adalah Diano Vela Fery Santoso, S. Sos dengan dibantu oleh Eka Wara Brehaspati yang menjadi Sekretaris Camat Pandaan.

Pandaan adalah daerah potensi di wilayah kabupaten Pasuruan dengan berbagai kemajuan yang pesat. Salah satu yang menjadi andalan di wilayah Kecamatan Pandaan adalah lokasi The Taman Dayu City of Festival yang berada di Desa Karangjati, dimana di Taman Dayu terdapat berbagai fasilits umum yang menjadi tujuan wisata, baik oleh warga Pandaan maupun di luar Pandaan.

Adapun Batas-batas wilayah Kecamatan Pandaan adalah sebagai berikut:
Sebelah utara       : Kecamatan Beji dan Gempol
Sebelah timur       : Kecamatan Rembang
Sebelah selatan     : Kecamatan Prigen dan Sukorejo
Sebelah barat       : Kecamatan Gempol dan Trawas

Kecamatan Pandaan terdiri dari 14 Desa dan 4 Kelurahan, yaitu:

Kelurahan Pandaan,
Kelurahan Petungasri,
Kelurahan Jogosari,
Kelurahan Kutorejo,
Desa Plintahan,
Desa Durensewu,
Desa Karangjati,
Desa Tawangrejo,
Desa Wedoro,
Desa Tunggulwulung,
Desa Sumbergedang,
Desa Kebonwaris,
Desa Sumberejo,
Desa Kemirisewu,
Desa Nogosari,
Desa Sebani,
Desa Banjarsari, dan
Desa Banjarkejen


Di sekitar Kota Pandaan bertebaran obyek-obyek wisata seperti:
    * Taman Safari Prigen
    * Kawasan Tretes
    * Kawasan Trawas
    * Kebun Raya Purwodadi
    * Candi Sumber Tetek/Candi Belahan
    * Candi Jawi
    * Kolam Renang Sukun Indah Sangarejo
    * Pegunungan Pananggungan

Di Pandaan ada juga tempat wisata Taman Dayu. Taman Dayu awalnya adalah kawasan perumahan elit dengan fasilitas wisata air (water park), lapangan Golf, dan outbond tetapi kemudian dikembangkan menjadi pusat perdagangan juga yang dikenal dengan Pandaan Central Business District (CBD), dimana didirikan pusat jajanan kuliner "Food Terrace", supermarket, kawasan ruko Little Shanghai & Little Persia, Taman hiburan rakyat, dan lain-lain.

Sejak sekitar tahun 2007 kawasan Taman Dayu menjadi ikon kota Pandaan. Kawasan Taman Dayu dan Pandaan CBD dikembangkan oleh Sampoerna Group. Tempat ini mempunyai fasilitas:
    * Arena out bound
    * Tempat berkemah (camping)
    * Golf
    * Pemandian waterpark.

Selain itu ada bangunan yang khas di Pandaan, yaitu masjid Muhammad Cheng Ho, masjid megah berarsitektur Cina yang terletak di pinggir jalan raya Kasri (jalan raya Pandaan ke arah Surabaya).

DOWNLOAD PETA KEC. PANDAAN